Kabar

Wisuda Perdana MAA

Ungkapan syukur alhamdulillah tidak henti-hentinya kita haturkan ke hadirat Allah Ta’ala karena betapa banyaknya nikmat yang terus menerus Allah berikan kepada kita. Terlebih lagi 5 tahun yang lalu, Allah ta’ala memberikan anugerah dengan dibukanya Pesantren Tinggi / Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah (MAA) di Kota Malang. Dalam proses pendidikan yang telah dilakukan selanjutnya, sampailah masanya untuk mensyukuri hasil pendidikan tersebut melalui wisuda perdana yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

Wisuda perdana ini diikuti oleh wisudawan yang berasal dari angkatan pertama dan kedua Program Studi I’dad Du’at, juga angkatan pertama Program Studi Tauhid dan Ruqyah Syar’iyyah. Sebanyak 8 mahasantri angkatan 1, dan 7 mahasantri kedua Program Studi I’dad Du’at, ditambah 3 mahasantri Program Studi Tauhid dan Ruqyah turut berpartisipasi dalam wisuda perdana ini.

Wisuda perdana MAA ini juga semakin bermakna karena dilaksanakan bersamaan dengan wisuda perdana Raudhah Ummi Arabil Qur’an (RUAQ). Wisuda perdana RUAQ ini dilaksanakan sebagai bentuk takrim kepada para santri yang sudah mengkhatamkan kitab Fathur Rahman metode Nurul Bayan. Sebanyak 17 santri berhasil menyelesaikan kitab tersebut dan berhak mengikuti wisuda. Adapun selanjutnya, para santri ini akan melanjutkan mengaji kitab Al-Fathur Rabbaniy dari metode Nurul Bayan, dan juga khotmah tilawah.

Wisuda yang dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 5 Dzulhijjah 1438 H / 27 Agustus 2017 tersebut mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat, ulama, dan umara. Walikota Malang berhalangan hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji. Beliau mewakilkan kepada Bapak Drs. H. Abdul Malik, M.Pd., selaku Asisten 1 Walikota Malang. Demikian juga Kepala Kantor Kemenag Kota Malang mewakilkan kepada Bapak H. Amsiyono, SH., S.Ag. M.Sy., selaku Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Malang. Adapun dari kalangan ulama, telah hadir Ketua Umum MUI Kota Malang, yaitu KH. Baidlowi Mushlich. Turut hadir pula, salah satu pimpinan dari Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan islam Indonesia (PULDAPII), Dr. H. Ainul Haris, Lc., M.Ag. Wisuda juga semakin semarak dengan hadirnya Danramil Lowokwaru dan juga Babinsa Kelurahan Merjosari. Semua perwakilan ulama dan umara tersebut merasa senang dengan keberhasilan wisuda ini. Harapan mereka ke depan adalah para wisudawan ini benar-benar bisa memperbaiki kehidupan masyarakat khususnya di Kota Malang.

Pelaksanaan wisuda yang berdekatan dengan agenda besar lainnya, seperti Idul Qurban, orientasi mahasantri baru, dan juga dauroh bahasa Arab, membutuhkan kerja keras dan dukungan dari semua pihak yang terkait. Kalaulah bukan karena pertolongan Allah, kemudian kesungguhan dari penyelenggara, serta dukungan dari masyarakat dan juga para muhsinin, maka acara wisuda perdana ini terasa mustahil untuk direalisasikan.

Perlu kami ingatkan bahwa ceramah ilmiah disampaikan oleh Mudir ‘Aam MAA, Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. dengan Judul “Oase di Gurun Sahara”. Teks ceramah beliau ini sudah dimuat di Majalah Al-Umm edisi 03/V yang lalu.

Akhirnya, dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang ada menjadikan kita harus banyak bersyukur kepada-Nya agar semakin banyak lagi kebaikan yang kita terima. Aamiin.

Show More

Related Articles

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close