Kabar

Studi Lapang di Pusat Kajian Pertanian Organik Terpadu Kabupaten Malang

Malang, Ahad 19 Rabi’ul Akhir 1439 H / 7 Januari 2018, mahasantri Ma’had ‘Aly Al-Aimmah mengadakan kegiatan Studi Lapang di Pusat Kajian Pertanian Organik Terpadu (PKPOT) di Dusun Kebun Duren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Lembaga ini dibina langsung oleh Prof. Didik Hariyadi. Tujuan kegiatan adalah untuk membekali mahasantri dengan ilmu yang berkaitan dengan pertanian organik sekaligus untuk mengisi kekosongan sebelum ujian akhir semester ganjil.

Pelaksanaan Kegiatan

Pukul 06.00 WIB, para mahasantri memulai keberangkatan dari Ma’had menuju Pakisaji dengan mengendarai 4 armada angkot, didampingi oleh Ustadz Angger Bimantara dan Ustadz Muhammad Saiful Rizal. Rombongan sampai di tempat tujuan  pukul 07.00 WIB. Kedatangan mahasantri disambut dengan hangat oleh Prof. Didik Hariyadi. Selang beberapa saat, Ustadz Abu Sholih datang menyusul berserta keluarga, menambah keceriaan pagi itu.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan sarapan pagi. Pisang rebus ditemani dengan kopi dan teh menjadi menu saat itu. Usai sarapan, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Prof. Didik Hariyadi. Di sesi pembukaan, beliau meminta salah satu mahasantri untuk membacakan ayat Al-Qur’an. Maka ditunjuklah Zaid Haritsah, salah seorang mahasantri dari program Ta’hilul Hufadz, untuk membacakan ayat Al-Qur’an. Prof. Hariyadi lalu melanjutkan dengan pengenalan PKPOT Kabupaten Malang, disertai penayangan video profil PKPOT Kabupaten Malang.

Setelah pembukaan dan pengenalan PKPOT selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pertanian organik oleh Prof. Didik Hariyadi. Materi yang beliau sampaikan menjadi ilmu baru bagi mahasantri. Semoga menjadi salah satu bekal mereka dikemudian hari. Mahasantri sangat antusias untuk mendengarkan dan berdiskusi dengan Prof. Didik Haryadi tentang pertanian organik. Setelah menerangkan tentang pertanian organik secara umum, Prof. Hariyadi kemudian memaparkan materi tentang penanaman bawang merah dan jahe merah secara organik. Selesai pemaparan materi, beliau mengajak mahasantri untuk praktek menanam bawang merah dan jahe merah secara organik. Beliaui membagi tugas kepada mahasantri. Ada yang bertugas menyiapkan bibit, mengambil pupuk, menyiapkan lahan dan menanam. Semua mahasantri terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Setelah selesai menanam, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah itu, mahasantri membersihkan diri dan bersiap untuk melaksanakan shalat zhuhur berjama’ah di masjid. Usai shalat zhuhur, mahasantri berkumpul untuk melaksanakan acara penutupan. Dalam acara penutupan, Prof. Didik Hariyadi menyampaikan ucapan terimakasih, permintaan ma’af, dan beberapa nasihat kepada mahasantri. Acara lalu ditutup dengan beberapa patah kata dan do’a yang disampaikan oleh Ustadz Angger Bimantara. Dengan bersyukur, alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan mahasantri kembali kema’had dengan selamat.

Show More

Related Articles

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close