Kabar

Penyelesaian Pembuatan Saringan IPAL oleh Mahasantri MAA

Alhamdulillah…
Setelah sekian kalinya mahasantri MAA membantu pembuatan saringan proyek IPAL (Instalasi Pengelolaan Air dan Limbah), akhirnya sampai juga pada tahap akhir pembuatan saringan tersebut.
Proyek IPAL dilaksanakan oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) bekerja sama dengan Al-Umm untuk membuat instalasi pembuangan air dan limbah dari komplek Al Umm (Pesantren dan jamaah sekitar). Melalui proyek ini semua air yang sudah terpakai dan limbah padat maupun cair dapat diproses sehingga menjadi air bersih kembali dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manfaat lainnya, seperti kolam ikan, penyiraman tanaman hidroponik dan lain sebagainya. Sebagai pemisah dan penyaring semua limbah tersebut, dibutuhkan miniAmal 18.000 botol air mineral ukuran 1,5 liter yang akan disusun menjadi saringan di dalam jaringan IPAL ini. 5 botol akan disusun menjadi 1 saringan, kemudian saringan disusun di dalam kamar-kamar penyaringan.

Alhamdulillah, melalui wakaf botol yang dihimpun dari jamaah, berhasil terkumpul lebih dari yang dibutuhkan. 20.000 botol berhasil dirakit menjadi saringan dan telah terpasang dalam instalasi IPAL. Semoga wakaf botol dari para jamaah dan usaha para mahasantri dalam merakit saringan tersebut bisa menjadi wakaf bagi mereka yang akan terus mengalir pahalanya sampai hari kiamat kelak. Aamiin.

Berikut ini video finishing perakitan saringan tersebut.

Show More

Related Articles

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close