Kabar

Kenangan Dakwah Sosial (Daksos) MAA 2015 di Tosari, Tengger

DAKSOS YBM. 1

 

Alhamdulillah, agenda Dakwah Sosial (Daksos) Ma’had ‘Aliy  al-Aimmah (MAA), tahun 2015 telah terlaksana dengan baik. Daksos ini dilaksanakan pada tanggal 11 April 2015 , di daerah Tengger, tepatnya Desa Tosari, Kec. Tosari, Kab. Pasuruan. Daksos ini dilaksanakan oleh MAA di bawah bimbingan Yayasan Bina al-Mujtama’ (YBM) Malang. Turut bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini, Yon Bekang 2 Kostrad Malang dan Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWC NU) Kec. Tosari, Kab. Pasuruan.

Sedikit Halangan

Pada awalnya, Daksos kami rencanakan untuk bertempat di Desa Mororejo, Tosari. Namun, beberapa hari sebelum pelaksanaan, pihak tuan rumah memberi kabar mendadak bahwa Daksos di desa setempat harus dibatalkan. Mereka mengaku tidak siap untuk mengadakan acara tersebut. Selidik punya selidik, ternyata di desa tersebut akan diadakan acara perayaan Hindu Suci. Mereka yang sebagiannya berasal dari agama Hindu, ternyata masih memegang kuat adat istiadat agama asalnya. Bahkan takmir masjid pun ikut disibukkan dengan kegiatan tersebut.

Ganti yang Lebih Baik

Alhamdulillah, di balik peristiwa ini, ada rencana Allah yang jauh lebih baik. Kurang dari sepekan, kita melakukan survey di desa dekat kantor KUA Tosari. Ternyata, kami mendapat sambutan baik dari tokoh masyarakat setempat. Kemudahan pun berturut-turut kami rasakan. Mulai dari administrasi ke perangkat desa yang disambut baik, kendaraan truk dari Kostrad, sampai untuk penginapan panita pun kami mendapatkan sewa Vila yang murah. Akhirnya, Daksos diputuskan bertempat di Masjid al-Mujahidin. Masjid ini dahulu dibangun oleh suatu yayasan yang dulu diketuai Presiden RI Ke-2, Bapak Soeharto. Masya Allah, semoga Allah mengampuni dosa-dosanya.

Pelaksanaan Daksos

Tibalah hari yang dinantikan. Hari Juma’t sore, 10 April 2015, panitia yang terdiri dari para ustadz dan mahasantri MAA, beserta personil YBM lainnya, berangkat dari Masjid Jami’ Al-Umm menujut Tosari, Tengger. Menggunakan beberapa truk dan dikawal beberapa personel Yon Bekang 2 Kostrad Malang, kami menempuh perjalanan berjam-jam, melewati jalan yang berliku. Beberapa saat setelah adzan ‘Isya, kami sampai di lokasi.  Malam hari itu kami manfaatkan untuk beristirahat.

Keesokan harinya, Sabtu 11 April 2015, acara inti dimulai. Pagi-pagi para panitia harus segera mempersiapkan berbagai kebutuhan acara. Hawa Tengger yang dingin dan airnya yang terasa seperti es, tidak menyurutkan semangat panitia untuk melangsungkan kegiatan sosial yang sarat manfaat, terutama bagi sebagian saudara kita yang dulunya beragama Hindu.

Daksos pun dimulai dengan lancar. Warga setempat, termasuk anak-anak, sangat antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang kami sediakan. Ada pembagian santunan, pengobatan medis, ruqyah syar’iyyah, dan juga lomba-lomba bagi santri Madrasah Diniyyah setempat dengan beragam hadiah yang bermanfaat. Acara pun berlangsung terus hingga sore hari.

Malam harinya, setelah shalat ‘Isya’, acara Daksos ditutup secara resmi dengan penyampaian taushiyah dari Mudir MAA sekaligus Direktur YBM, Dr.KH. Agus Hasan Bashori, Lc, M.Ag. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari YBM untuk panitia setempat, pemberian hadiah bagi para pemenang lomba, dan makan malam bersama.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Yusuf (Panitia Tengger), MWC NU Tosari Pasuruan, Kostrad Malang, para muhsinin atau donatur, serta pihak-pihak lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu, yang telah mendukung acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Jazaakumullahu khairan katsiran. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin . [im/sumber]

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Show More

Related Articles

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close