Artikel

Larangan Mencela Angin

 

Tahukah Anda bahwa dalam Islam itu ada larangan mencela angin? Masya Allah. Akhir-akhir ini, angin memang terkesan kurang bersahabat. Bertiup dengan sangat kencangnya. Tidak jarang kita mendengar berita rumah rusak, pohon tumbang, papan reklame ambruk, dan kerusakan lainnya disebabkan oleh hembusan angin yang begitu kuat. Bahkan, angin kencang ini sudah menimbulkan beberapa korban jiwa.

Lalu, terhadap fenomena alam seperti ini, bagaimana seorang muslim mesti menyikapinya? Apakah mencelanya karena keburukan yang disebabkan olehnya? Atau biasa saja dan menganggapnya angin lalu? Atau bersabar sebagaimana yang mestinya dilakukan?

Subhanallah.

Dengan kesempurnaan agama Islam ini, Allah pun melalui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajari kita bagaimana mestinya kita bersikap terhadap ciptaan Allah yang berupa angin ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَسُبُّوا الرِّيحَ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ مَا تَكْرَهُونَ، فَقُولُوا: اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هذِهِ الرِّيحِ وَخَيْرِ مَا فِيهَا وخَيْرِ مَا أُمِرَتْ بِهِ. وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هذِهِ الرِّيحِ وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُمِرَتْ بِهِ
Janganlah kalian mencela angin. Jika kalian melihat darinya apa yang tidak kalian senangi, maka ucapkanlah “Ya Allah, Sesungguhnya kami meminta pada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang diperintahkan padanya. Dan kami berlindung pada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada di dalamnya, dan keburukan yang diperintahkan padanya”

H.R At-Tirmidzi.

 


Jadi, setiap Anda melihat angin yang mungkin kurang mengenakkan hati, janganlah mencelanya. Justru bacalah do’a yang sudah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas. Mencelanya atau berperasaan buruk terhadapnya tidak akan bisa menghentikan angin itu berhembus karena dia berhembus atas perintah Allah padanya. Sehingga yang terbaik adalah bersikap sesuai dengan sunnah. Dengan demikian, seorang Muslim akan tetap berada di atas kebaikan bagaimanapun kondisi yang dia hadapi.

Semoga Allah memberikan kebaikan bagi kita semua dari setiap hembusan angin ini, dan melindungi kita dari keburukannya. Semoga Allah juga selalu menjaga kita agar tetap berada di atas sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tampilkan Lebih Banyak

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close