Kabar

Situs Kawitan: Pintu Awal Kesyirikan (minta bantuan jin) di Alas Purwo

Para pelaku kesyirikan yang akan meminta bantuan jin di Alas Purwo, maka ritual pertama yang mereka lakukan adalah memohon restu kepada jin Alas Purwo di situs Kawitan. Situs ini bersebalahan dengan sebuah pura yang cukup besar yaitu Luhur Giri Salaka . Lokasi situs berada di pinggir jalur utama setelah memasuki gerbang kawasan Alas Purwo. Situs ini berbentuk persegi yang terbuat dari dinding batu dan tanpa atap. Di dalamnya terdapat tempat sesaji, sangkar burung, meja persembahan, dan lain-lain.

Aktifitas para pelaku kesyirikan di situs kawitan terlihat tidak logisnya. Qadarullah saat dilakukan observasi, berbarengan dengan sebuah mobil pelat L yang sedang masuk ke situs Kawitan. Mereka nampak seperti keturunan cina dan dari keluarga kaya. Saat mereka mau masuk situs, mereka memberi penghormatan di depan pintu kemudian melepas alas kaki baru kemudian masuk. Padahal kondisi situs becek karena guyuran gerimis ditambah licin karena ada lantai yang tertutup pasir atau lumut. Didalam mereka berdoa, memohon restu dan memberi persembahan. Baru kemudian keluar dan melanjutkan perjalanan ke alas purwo sesuai dengan hajatnya masing-masing.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa observasi ini termasuk dalam rangkaian kegiatan observasi tradisi, budaya dan lingkungan alam Alas Purwo. Selengkapnya lihat disini.

[jaw_gallery gallery=”1263,1262,1261,1257,” lightbox=”0″ ] [jaw_clear]
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close