Kabar

Liputan Kunjungan Syaikh Abdurrahman Al-Hazimi dan Tabligh Akbar

Alhamdulillah, hari Ahad kemarin tanggal 30 Rabiul Akhir 1438 H, yang bertepatan dengan tanggal 29 Januari 2017 M, keluarga besar Yayasan Bina Al-Mujtama (YBM) mendapat sebuah nikmat besar. Nikmat tersebut adalah kehadiran seorang ulama dari Kerajaan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdurrahman bin Muhammad Al-Hazimi. Beliau adalah dosen Universitas Syaqra, di kota Syaqra, Kerajaan Saudi Arabia.

Tujuan kedatangan beliau adalah untuk mengisi tabligh akbar yang dilaksanakan di Masjid Jami Al-Umm di hari yang sama. Tema yang akan disampaikan adalah “Teguh di Atas Sunnah dan Karakter Ahlus Sunnah”.

Syaikh Abdurrahman tiba di lokasi sekitar pukul 9.40. Begitu tiba, beliau langsung disambut oleh Ketua YBM, yang juga Mudir Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah (MAA), Dr. KH. Agus Hasan Bashari, Lc, M.Ag. Turut menyambut para santri SMPI Al-Umm. Sebelum memulai ceramahnya, Mudir MAA terlebih dahulu mengajak Syaikh Abdurrahman Al-Hazimi menuju rumah beliau untuk berbincang-bincang sejenak, sambil memperkenalkan secara singkat perihal YBM dan divisi-divisi dakwahnya, termasuk MAA. Setelah itu, barulah beliau menuju Masjid Jami Al-Umm untuk menyampaikan ceramahnya.

Tabligh akbar berjalan dengan baik. Kaum Muslimin yang menghadirinya pun cukup banyak. Tabligh akbar dibuka oleh Mudir MAA. Beliau juga menyampaikan sambutannya. Di antara pesan-pesan yang beliau sampaikan adalah pentingnya mensyukuri nikmat menuntut ilmu. Salah satu bentuk mensyukurinya adalah dengan mengulang-ulang ilmu itu. Beliau juga menyampaikan bahwa melihat dan menemui ulama adalah sebuah nikmat tersendiri yang juga wajib disyukuri. Terakhir, Mudir juga menyampaikan rasa syukur kepada Allah terhadap perkembangan YBM yang cukup pesat, kemudian berterima kasih kepada seluruh pihak kaum muslimin yang turut membantu YBM dalam menjalankan misi dakwahnya.

Selanjutnya, Syaikh Abdurrahman Al-Hazimi mulai menyampaikan ceramah. Berlaku sebagai penerjemah pula, Mudir MAA, Dr. KH. Agus Hasan Bashari, Lc, M.Ag. Syaikh memberi pendahuluan tentang pentingnya mengetahui apa itu Ahlus Sunnah, siapa yang disebut Ahlus Sunnah, dan apa saja karakteristik atau sifat-sifat mereka. Beliau menjelaskan bahwa dengan memahami itu, seseorang akan bisa mengetahui jalan yang benar dalam hidup ini dan bisa terhindar dari jalan yang sesat. Berikutnya, beliau mulai menjelaskan inti pembahasan yaitu pengertian Ahlus Sunnah dan sifat-sifat mereka. Intisari dari materi yang beliau sampaikan insyaAllah ditulis dalam artikel tersendiri. (Selengkapnya lihat disini)

Syaikh Abdurrahman Al-Hazimi selesai menyampaikan materinya beberapa menit menjelang adzan zhuhur. Sebelum kajian ditutup, Syaikh memberi kesempatan bagi para hadirin untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Setelah itu, acara ditutup dan dilanjutkan dengan shalat zhuhur berjamaah.

Seusai shalat, Mudir MAA selaku Ketua YBM mengajak Syaikh untuk berkeliling seluruh komplek YBM yang mencakup Masjid Jami’ Al-Umm, Radio Al-Umm, SDI Al-Umm, SMPI Al-Umm, dan MAA. Berikutnya, Mudir mengajak Syaikh untuk menikmati hidangan makan siang yang telah dipersiapkan. Sambil makan siang, Mudir mengajak Syaikh berbincang-bincang. Di antara yang diperbincangkan adalah situasi terbaru yang dihadapi ummat Islam di Indonesia saat ini.

Sebelum beranjak pergi melanjutkan perjalanan, Syaikh Abdurrahman Al-Hazimi mendoakan kebaikan bagi kami semua, sekaligus berwasiat agar terus berusaha menjaga persatuan ummat demi menghadapi tantangan yang terjadi sekarang.

Kami ucapkan jazakumullah khairal jazaa kepada Syaikh Abdurrahman al-Hazimi atas kunjungan beliau dan ilmu yang beliau sampaikan. Semoga Allah ta’ala melindungi beliau dan kita semua, serta mengumpulkan kita semua di surga-Nya. Amin.

Show More

Related Articles

2 Comments

  1. MasyaAllah, semoga ilmu yang disampaikan oleh Syaikh memberikan keberkahan bagi umat Islam semua. Untuk lebih melengkapi faedah, mohon kepada admin untuk bisa juga memposting faedah-faedah atau intisari materi tabligh akbar dari syaikh. Syukron. Jazakumullahu khairan

  2. MasyaAllah, semoga ilmu yang disampaikan oleh Syaikh memberikan
    keberkahan bagi umat Islam semua. Untuk lebih melengkapi faedah, mohon
    kepada admin untuk bisa juga memposting faedah-faedah atau intisari
    materi tabligh akbar dari syaikh. Syukron. Jazakumullahu khairan

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Close
%d blogger menyukai ini: