Kabar

Mukhoyyam Ma’had ‘Aliy Al Aimmah (MAA) TA. 2016-2017

Kegiatan mukhoyyam MAA Malang 2016 dilaksanakan sebagai kegiatan penutup dalam rangkaian Dauroh Ta’rifiyyah (pekan orientasi) mahasantri baru MAA tahun akademik 2016-2017. Dauroh ta’rifiyyah sendiri dimulai sejak hari Rabu, 21 Dzulqo’dah 1437 H/ 24 Agustus 2016 M. Dauroh ini berlangsung selama sepekan dan pada hari terakhir, tepatnya pada hari selasa 27 Dzulqo’dah 1438 H / 30 Agustus 2016 M dilaksanakan agenda penutup berupa mukhoyyam MAA 2016. Mukhoyyam MAA 2016 dilaksanakan di bumi perkemahan (BUPER) bedengan Kabupaten Malang.

Lokasi bumi perkemahan (BUPER) ini hanya berjarak sekitar 6,3 km dari MAA atau hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menuju lokasi. Jarak yang dekat menjadikan akomodasi selama mukhoyyam menjadi mudah disiapkan. Lokasi yang juga masih dekat dengan pemukiman penduduk menjadikan buper ini juga dilengkapi dengan fasilitas listrik dan kamar mandi permanen.

Dekatnya lokasi BUPER dengan perkotaan tidak menghilangkan nilai alami yang menyegarkan. Area camping ground berada dibawah hutan pinus yang bersih dengan udara sejuk dan segar. Lokasi yang berada di lereng Gunung Kawi juga menjadikan area ini masih sering diselimuti kabut khusunya pada malam dan pagi hari. Ditambah suara gemericik aliran air sungai yang jernih persis disisi area perkemahan dan indahnya kicau burung dalam bertasbih kepada Allah Subhanahu wa ta’ala juga menjadikan BUPER ini semakin nyaman dan menentramkan jiwa. Dan yang menjadi keistimewaan BUPER Bedengan adalah keberadaan BUPER di tengah-tengah perkebunan jeruk yang sangat luas, sekitar 250 hektar. Buah jeruk yang bergelantung dipohon begitu lebat, bisa dipetik tanpa memanjat dengan warna orange yang begitu indah dan memikat.

Acara mukhoyyam dimulai hari Selasa pagi dengan berangkat dari MAA menuju BUPER Bedengan. Sesampainya di lokasi, dilanjutkan dengan pendirian tenda pada lokasi yang sudah ditentukan. Setelah tenda siap digunakan barulah dimulai upacara pembukaan mukhoyyam MAA 2016. Upacara dikomandani oleh Akh. Wahyu Triono dengan instruktur upacara Ustadz Abu Sholih Harno P., S.P., M.PI. Selaku Mudir Tanfidzi MAA. Adapun untuk taushiah dan doa dalam upacara kali ini disampaikan oleh Ustadz Ziyad at Tamimiy, S.Th.I., M.HI. Selaku ketua tim penjamin mutu MAA. Selepas sholat dhuhur dan makan siang para peserta berangkat untuk jelajah alam menyusuri gunung dan hutan di sekitar BUPER. Peserta diberangkatkan sesuai dengan regu masing-masing dan harus melewati pos-pos yang disediakan oleh panitia untuk menerima tugas selama menjelajah. Tugas yang diberikan juga bermacam-macam. Ada yang diberi tugas menjawab pertanyaan keagamaan, memecahkan teka-teki, mengumpulkan bunga dan menemukan rahasia yang disembunyikan panitia sepanjang jalur penjelajahan.

Kegiatan diakhiri dengan sholat asar berjamaah dan beristirahat. Agenda malam diisi dengan muhadharah ba’da maghrib kemudian makan malam ba’da isya’ dan dilanjutkan dengan tafakkur serta pengambilan ibrah dari kegiatan yang sudah dilakukan sejak pagi. Sebagai pengisi waktu malam, para peserta mukhoyyam menonton film negeri5 menara yang mengisahkan perjuangan santri yang belajar di pondok Gontor hingga meraih azzam/tekad untuk bisa menaklukkan dunia dengan memberikan kemanfaatan bagi manusia. Pagi hari Rabu, 28 Dzulqo’dah 1438 H, selepas shubuh para peserta mendapat kuliah shubuh. Dilanjutkan dengan bersih – bersih dan sarapan kemudian dilanjutkan dengan berbagai perlombaan.

Diantara perlombaan yang dipertandingkan adalah bola volley sarung, menyebrang jembatan tali, dan melewati ranjau tali. Perlombaan yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan membutuhkan kekompakan antar regu, diharapkan menumbuhkan rasa kebersamaan diantara mahasantri. Akhirnya mukhoyyam ditutup dengan upacara penutupan yang dilaksanakan setelah sholat dhuhur. Dalam penutupan ini turut diserahkan berbagai hadiah kepada peserta yang berhasil selama dauroh ta’rifiyyah (pekan orientasi). Penutupan dauroh juga menjadi tanda bahwa para mahasantri baru udah siap untuk mengikuti pendidikan di MAA Malang.


Oleh: Ustadz Abu Sholih Harno P., S.P., M.PI.

(diselsaikan di Wisma Amarilis IPB Bogor dalam rangka menyertai sidang terbuka dan pengukuhan doktor mudir MAA, KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. tanggal 24 Muharram 1438 H / 26 Oktober 2016 M.)

 

[jaw_gallery gallery=”501,502,503,504,505,506,507,508,” lightbox=”1″ ] [jaw_clear]

 

 

 

 

 

 

 

Tampilkan Lebih Banyak

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close